Senin, 14 Juni 2010

Walikota Bontang Pandu Dokter Radio



Walikota dr HA Sofyan Has-dam, SpS agaknya cekatan membawakan program acara di radio. Ditunjukkan saat memandu acara Dokter Radio yang disiarkan langsung di Radio Praja 102.3 FM Selasa (9/ 2) pukul 14.00 Wita.
Tema yang diangkat mengenai stroke dan cara penanganannya. Sesuai tema tersebut narasumber yang dihadirkan adalah seorang dokter spesialis penyakit syaraf, dr Yulius Mandua.

Stroke merupakan gangguan pembuluh darah otak sebagian atau menyeluruh terjadi mendadak. Serangan stroke ini terjadi karena adanya penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah ke otak. Dan stroke masalah serius karena menempati urutan pertama penyebab kematian di dunia, kedua penyebab kematian di Indonesia.

Stroke ini adalah masalah yang serius karena salah satu penyebab kematian. Semakin maju suatu negara biasanya tingkat kematian akibat penyakit infeksi akan menurun. Sedangkan tingkat kematian akibat penyakit cardiovaskular semakin meningkat." ujar walikota yang pernah menjadi pemandu acara yang sama di Radio Gema Nirwana Samarinda tahun 90-an.

Selain Itu. fakta Iain yang terungkap terjadinya pergeseran usia penderita stroke. Jika dulu penderita stroke banyak berasal dari kaum lanjut usia di usia 55 tahun, tapi saat ini mulai banyak ditemui pada usia produktif 40-45 tahun.
"Ada pergeseran penderita stroke. Dulu, penderita stroke ini menyerang orang lanjut usia di usia rata-rata 55 tahun, tetapi sekarang di usia produktif umur 40-45 tahun sudah ada yang terkena stroke." Jelas Yulius Mandua.

Untuk itu. melalui acara tni. walikota mengingatkan masyarakat untuk menghindarkan diri dari ancaman serangan stroke dengan rajin berolahraga, makan makanan sehat serta menjalankan gaya hidup sehat.



0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Radio Praja FM Bontang | Bloggerized by Praja FM | Bontang